Angkutan Darat ke Kalimantan Timur..sebuah Solusi?

Membaca sebuah artikel di Media Online Internet tentang mahalnya jasa transportasi laut di Indonesia, disebutkan disitu bahwa ongkos angkut barang untuk komoditas jeruk dari Pontianak ke Jakarta lebih mahal ongkos angkut dari China ke Jakarta dan juga perbedaan harga yang cukup mencolok kalau melihat tarif transportasi darat dan transportasi laut di Jepang,biaya pengiriman cargo via laut lebih murah sepuluh kali lipat dibandingkan biaya pengiriman cargo via darat..perbedaan harga yang cukup fantastis.(sumber:  Media Indonesia )

Jika melihat dari data data perbandingan tersebut jasa transportasi darat di Indonesia bisa dikatakan masih mempunyai pangsa pasar yang sangat besar dalam bisnis jasa pengiriman di Indonesia.mengapa begitu?
Para pengguna jasa pengiriman di Indonesia menginginkan barang kirimannya/shipmentnya tiba dengan waktu yang relatif cepat dan aman dengan harga yang relatif murah.. dan jalur transportasi angkutan darat adalah cara yang paling tepat untuk mewujudkan hal tersebut.

Lho..bukannya jasa cargo via jalur transportasi udara lebih cepat daripada cargo via jalur transportasi darat atau jalur transportasi laut ?memang betul..akan tetapi biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman lewat pesawat sangat MUAHHAL  .Banyak faktor yang menyebabkan biaya pengiriman cargo via transportasi udara sangat mahal yaitu tarif Surat Muatan Udara ( SMU ). apalagi untuk barang barang berat (heavy cargo) biasanya berat barang perkoli diatas 70 kg dikenakan biaya tambahan (Surcharge) antar 50 % - sampai 100 % bahkan mencapai 200 % (tergantung kebijakan masing masing Airlines),kemudian banyaknya keterbatasan lain yaitu ukuran dimensi pintu pesawat yang kecil,untuk pintu pesawat yang berukuran besar menggunakan pesawat cargo khusus seperti Hercules,atau pesawat milik Fedex /Boeing ( tapi kabarnya sudah tidak beroperasi secara reguler lagi) atau pesawat cargo khusus/Freight charter lain,tapi tarif cargo SMU nya mencapai 2 kali lipat dari tarif cargo SMU untuk pesawat penumpang reguler.

Jadi sangat mungkin saat ini pengguna jasa pengiriman cargo di Indonesia beralih dari jasa pengiriman via cargo udara beralih menggunakan jasa pengiriman via cargo darat.
Terutama pengiriman barang tujuan ke Kalimantan Timur seperti Balikpapan , Samarinda ,Bontang,Sangatta,Tarakan,Tenggarong,Penajam,Berau, Pulau Bunyu dan lain lain.Rute Transportasi ke beberapa tujuan tersebut sangat sulit apalagi melalui transportasi laut bisa memakan waktu paling cepat 12 hari bandingkan jika melalui jalur transportasi darat yang hanya memakan waktu sekitar 7 hari.

Bagaimana jalur rute transportasi darat ke Balikapapan?? Bukankah tidak ada jalan darat ke Kalimantan? Memang Betul..sarana yang digunakan sebagai jembatan untuk menyeberang adalah kapal Ferry atau kapal Ro-Ro seperti penyeberangan di antara Merak-Bakauheuni sedangkan Ferry yang digunakan untuk menyeberang ke Balikpapan adalah melalui pelabuhan Tanjung Perak Surabaya .
Waktu tempuh kapal Ferry pun sangat singkat sekitar 48 jam.Jadi efektif perjalanan ke Balikpapan dari Jakarta hanya memakan waktu sekitar 5 hari, cukup singkat bukan? Apakah Anda juga akan beralih ke Jasa Angkutan Darat yang Efektif ,Efisien dan Aman..? Anda lah yang menentukan..

Sumber Asli :
081389098899, email : abdulaziz36@gmail.com
Description
: Angkutan Darat ke Kalimantan Timur..sebuah Solusi?
Rating
: 4.5
Reviewer
: Abdul Aziz
ItemReviewed
: Angkutan Darat ke Kalimantan Timur..sebuah Solusi?
4:42:00 PM

After Reading This Post Other People Went on to Read: »

Subscribe via RSS or Email:

Popular Posts Last 7 Days:

Comments: 5

  1. tambah enak sekarang berarti kalo kirim barang...trimakasih infonya
    Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

    BalasHapus
  2. Makasih gan..udah mampir! mdh2an kontesnya menang deh..jangan lupa ya..titip link :)

    BalasHapus
  3. Sea transport services in Indonesia is really very high cost. So, That requires a good measurements of outcomes from this large process before starting.

    BalasHapus