Kapal Ferry tercepat di dunia

Author:

Shinas
Kapal ferry terbaru sepanjang 65 m yang dinamakan “Shinas” telah dibangun oleh Austal, sebuah perusahaan pembuat kapal feri di Australia untuk kesultanan Oman. Pada uji coba, ferry ini mampu melaju hingga kecepatan 55,9 knot (103,5 km/jam) yang menjadikan kapal ini sebagai ferry bertenaga diesel tercepat yang pernah ada. “Shinas” merupakan salah satu dari dua kapal identik yang tengah dibangun untuk Kesultanan Oman oleh Austal.
Masing-masing kapal feri tercepat ini direncanakan akam mampu memuat 208 penumpang untuk perjalanan sejauh 108 mil laut pada perjalanan pertamanya dari Shinas sampai semenanjung Musandam. Kapal ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendaratan helikopter yang cocok untuk helikopter berukuran sedang. Kapal ini bertenaga diesel dengan empat mesin seri MTU20silinder1163 yang masing-masing menghasilkan kekuatan 6.500kW dan mesin Rolls-Royce, mesin yang biasanya digunakan untuk mobil-mobil mewah di Eropa.
Kapasitas penuh geladak khusus yang memuat kendaraan dapat menampung 56 mobil atau 54 truk yang ditata segaris dengan tambahan 40 mobil pada geladak di atasnya dengan tinggi 3 meter. Geladak khusus kendaraan di bagian belakang kapal dapat menahan berat dari 9 hingga 12 ton, sedangkan geladak utama hanya mampu menampung beban hinga 3 ton. “Shinas” juga dilengkapi dengan perlengkapan keamanan yang telah memenuhi standar, struktur kapal yang ringan dan tahan terhadap kebakaran serta prosedur keselamatan terhadap kebakaran di setiap bagian kapal dengan sistem khusus penyemprotan apabila terjadi kebakaran. Sebagai tambahan dalam bidang keselamatan, kapal ini juga dilengkapi dengan klinik pengobatan dengan peralatan yang lengkap.



SuperFerry Hawaii
Kapal yang digunakan oleh Superferry Hawaii adalah aluminium-dikuliti catamaran dengan drive-on / drive-off kemampuan kendaraan atau pelayanan feri cepat. Perangkat ini dirancang dan dibangun di Amerika Serikat oleh Austal Amerika Serikat, sebuah divisi dari Australia berbasis Austal pembuat kapal. Kapal ini didukung oleh mesin-mesin MTU Friedrichshafen menggunakan propulsi jet air yang klaim perusahaan akan meminimalkan dampak mamalia laut, tetapi lawan-lawan sengketa pernyataan ini. Hal ini mampu mengangkut hingga 866 penumpang dan 282 mobil subkompak ( pada bagian dek kapal bisa disesuaikan sesuai kebutuhan angkut ). Mesinya adalah 4 mesin jet dengan kekuatan 1.100 tenaga kuda, jadi membutuhkan 4.400 tenaga kuda, sedangkan jet hanya perlu ratusan tenaga kuda. Untuk membuat kapal ini nyaman dan tidak bergoyang ketika ada ombak, di bawah kapal ini dipasang sayap kecil agar menahan ombak. Dan bisa membelok 160 derajat dalam waktu 5-7detik.
Jadi di atas kapal ini, kita tidak akan merasakan ketakutan jika ada ombak besar. Super Ferry juga mempunyai 2 dasar, kapal lainya hanya mempunyai 1 dasar.

Di butuhkan dana 200 JUTA DOLLAR / sekitar 2 TRILIUN untuk membuatnya .

* Catatan : Kapal pertama, bernama Alakai, tiba di Honolulu Harbor pada tanggal 30 Juni 2007. kapal kedua, Huakai, dijadwalkan selesai pada 2009, namun karena pelambatan ekonomi dan putusan pengadilan negeri menghentikan layanan, Huakai itu ditahan dan kemudian ditinggalkan bersama dengan Alakai.


Sumber : http://artikelindo-admin.blogspot.com/2010/02/inilah-kapal-ferry-tercepat-dunia.html
Description
: Kapal Ferry tercepat di dunia
Rating
: 4.5
Reviewer
: Abdul Aziz
ItemReviewed
: Kapal Ferry tercepat di dunia
10:58:00 AM

After Reading This Post Other People Went on to Read: »

Tags |
Subscribe via RSS or Email:

Popular Posts Last 7 Days:

Comments: 4

Leave a Reply