Adakah Pesawat Cargo Khusus di Indonesia ?

Author:
Pesawat angkut atau pesawat kargo adalah pesawat yang digunakan untuk pengangkutan barang atau paket kiriman & pos, materil proyek,garmen,dan barang komoditi lainnya yang secara khusus hanya mengangkut barang atau cargo, misalnya pesawat cargo militer Hercules (masih beroperasi), Megantara, Repex (Fedex) , Tri MG, namun ketiga armada penerbangan cargo tersebut sudah tidaklagi beroperasi.
 
Pada umumnya pengangkutan kargo yang biasa  dilakukan dijadikan satu dengan pesawat penumpang sipil misalnya B 737, Fokker, dll  sehingga tidak jarang muatan cargo tidak dapat dimuat karena melebihinya kapasitas load pesawat , biasanya terjadi ketika membludaknya penumpang pada masa peak season atau musim liburan,.Load & space cargo pada pesawat sipil/penumpang sebenarnya hanya sisa dari muatan bagasi penumpang,jika bagasi penumpang penuh maka bisa dipastikan muatan cargo tidak dapat terangkut, kecuali untuk pesawat berbadan lebar space untuk cargo dan bagasi cukup besar hingga mencapai kapasitas 25 ton.

Umumnya pesawat cargo merupakan hasil modifikasi pesawat penumpang yang disesuaikan dengan kebutuhan kapasitas angkut pesawat pada rute-rute yang dilaluinya misalnya DC-9 freighter, B 747 freighter, DC 10 freighter. Meskipun demikian, dibuat juga pesawat angkut dengan kemampuan dan rancangan khusus seperti Boeing 747 Large Cargo Freighter (747 LCF) yang dikenal juga dengan nama Dreamlifter, A-300 Beluga, Super Guppy, An 124 Ruslan atau An 225 Mriya.
 Dalam perkembangan jasa pengiriman di Indonesia seiring dengan kebutuhan masyarakat akan distribusi barang,makanan dan material proyek di beberapa kota besar di Indonesia yang kebanyakan membutuhkan supply tersebut dari Jakarta, agaknya ini menjadi bahan pertimbangan bisnis untuk segera dibukanya penerbangan dengan pesawat cargo/ angkut khusus mengingat tingginya permintaan arus barang dan jasa dalam perdagangan.

Saat ini jasa pengiriman barang di Indonesia sedang berkembang, kebutuhan masyarakat akan pengiriman barang atau dokumen dari satu daerah ke daerah yang lain yang jauh sekalipun meningkat dari hari ke hari. Contohnya saja online shop di internet, situs forum kaskus, took bagus, dan lain lain yang semakin menjamur. Para pemilik online shop tersebut membutuhkan jasa pengiriman untuk mengirimkan barang dagangan mereka ke konsumen yang sering kali tidak berada di daerah yang sama.

Sudah banyak perusahaan jasa pengiriman di Indonesia, yang dapat melayani permintaan baik untuk tujuan lokal maupun internasional. Bahkan perusahaan jasa pengiriman saat ini melakukan berbagai inovasi seperti pengiriman barang One Night Service. Dimana inovasi tersebut tentu membutuhkan alat tranportasi yang dapat mengirimkan barang ke kota tujuan dengan lebih cepat dari alat transportasi lain, yaitu pesawat udara.

Untuk kebutuhan pasar domestic paket kiriman kecil saya rasanya bisa diatasi dengan armada penerbangan sipil biasa seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Batavia Air , namun untuk barang barang besar yang tidak dapat diangkut dengan pesawat sipil biasa seperti material proyek, spare part yang mempunyai berat di atas 300 kg, bahkan sampai  melebihi 1 ton.

Untuk saat tertentu memang bisa dialihkan ke jalur pengiriman laut atau darat yang bisa memakan waktu paling cepat satu minggu atau bahkan satu bulan, namun kadangkala sebuah barang,mesin atau spare part perlu waktu yang cepat untuk sampai ke lokasi proyek hingga pengirim rela membayar mahal agar barang bisa tiba tepat waktu, keterlambatan barang berarti terlambatnya proses produksi atau pekerjaaan sebuah proyek yang justru akan kerugiannya berlipat dan melebihi dari biaya pengiriman tersebut,tidak heran ada seorang clien yag minta disediakan pesawat cargo tujuan Balikpapan untuk barang dengan berat 7 ton dan panjang 9 meter , berapapun biayanya ! J seandainya saya bisa menyediakan pesawat saat itu mungkin saya bisa langsung berangkat haji..  Amieen.
  
Sebagai gambaran komoditi marine cargo,spare part,alat berat dan industri tujuan kalimantan timur terutama Balikpapan,sangat menjanjikan untuk target rute penerbangan tersebut, berdasarkan pengalaman penulis bergelut didunia cargo sejak 1994 hingga kini. Kita tunggu saja Investor yang  membaca peluang dan menyabet kesempatan ini.

Aziz 081389098899 , Pin : 7AA95346

Kini Melayani Pengiriman Barang  Retail, Heavy Cargo,Charter Pesawat Cargo tujuan ke Balikpapan, Juga melayani delivery dengan Trucking hingga ke site atau lokasi tujuan di kalimantan Timur door to door.

Description
: Adakah Pesawat Cargo Khusus di Indonesia ?
Rating
: 4.5
Reviewer
: Abdul Aziz
ItemReviewed
: Adakah Pesawat Cargo Khusus di Indonesia ?
11:07:00 AM

After Reading This Post Other People Went on to Read: »

Tags |
Subscribe via RSS or Email:

Popular Posts Last 7 Days:

Leave a Reply