Cara Menghindari Penipuan Online

Cara Menghindari Penipuan Online
Media online memang membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dan praktis. Tak hanya memudahkan komunikasi namun social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sejenisnya juga dimanfaatkan untuk transaksi jual beli. Hal ini terlihat dari banyaknya fans page atau forum jual beli (FJB) yang dengan mudah kita akses melalui media internet. Kemudahan bertransaksi melalui internet nampaknya juga dimanfaatkan sejumlah oknum untuk melakukan penipuan online. Anehnya, meskipun modus penipuan ini cenderung usang namun masih saja ada masyarakat yang tertipu dan harus merugi jutaan rupiah.
Seperti yang dikatakan di atas, penipuan online dari dulu hingga sekarang modusnya kurang lebih sama, terutama terkait jual beli secara online. Satu contoh misalnya salah satu oknum membuat fans page atau website online shop dengan menawarkan produk-produk tertentu. Namun setelah pembeli mentransfer sejumlah uang sesuai harga produk yang diinginkan, produk yang dibeli tidak pernah dikirim. Ironisnya lagi, jika dikomplain melalui telepon justru oknum penipu kembali meminta konsumen mentransfer sejumlah uang dengan alasan-alasan tidak masuk akal.



Langkah-langkah Menghindari Penipuan Online
Sebenarnya tidak semua online shop adalah kamuflase bentuk penipuan, namun belajar dari banyaknya kasus penipuan online yang semakin marak dewasa ini maka kita perlu waspada sekaligus menyiapkan langkah menghindari penipuan secara online ini.
-          
     Cek Alamat dan Nomor Telepon
Oknum penipu online biasanya hanya mencantumkan list product, price list, nomor telepon dan nomor rekening tanpa menyertakan alamat lengkap. Jika disertai alamat lengkap, besar kemungkinan alamat tersebut fiktif. Dalam hal ini kita harus memastikan kebenaran alamat penjual pada halaman online shop-nya. Cek di Google atau melalui teman yang kebetulan berdomisili di kota yang disebutkan. Jika penjual menggunakan nomor telepon rumah, kita bisa juga bisa memastikan kebenaran nomor telepon tersebut dengan menghubungi 108. Umumnya penipu online hanya mau berkomunikasi via SMS. Jika dihubungi melalui telepon tidak mau menjawab sebab takut suaranya dikenali melalui Voice Recognizer System dari pihak kepolisian.
-          
     Tolak Down Payment Besar
Jika penjual meminta Down Payment (DP) dalam jumlah besar sebaiknya kita tolak. Ingat, sekecil apapun uang yang kita transfer, jika barang yang dibeli tidak dikirm maka itu sudah termasuk kerugian besar. Umumnya penjual produk online shop yang benar-benar real tidak terlalu mempermasalahkan DP, dengan catatan serius membeli dan memprioritaskan pembayaran yang on time.
-          
     Gunakan Rekber atau Jasa Ekspedisi Terpercaya
Belanja di toko online sebaiknya kita tidak perlu langsung melunasi pembayaran melalui nomor rekening penjual. Sebisa mungkin kita meminta fasilitas Rekber (rekening bersama) yang dikelola oleh pihak ketiga secara profesional dan bertanggungjawab. Namun jika tidak menggunakan Rekber maka kita bisa menggunakan jasa ekspedisi terpercaya sebagai pihak ketiga. Kita harus menanyakan pada penjual jasa ekspedisi mana yang akan digunakan untuk mengirimkan barang. Kita tidak perlu ragu untuk meminta alamat, nomor telepon, fax atau e-mail jasa ekspedisi. Selanjutnya kita bisa menelepon kantor jasa ekspedisi tersebut untuk memastikan apakah penjual dan barang yang kita beli sudah berada di lokasi. Meskipun barang sudah dikirim melalui jasa ekspedisi, kita harus terus cek posisi barang melalui nomor resi yang diberikan pihak jasa ekspedisi. Jangan sampai setelah kita transfer, pihak penjual men-cancel proses pengiriman.

Tips menghindari penipuan online diatas sebaiknya hanya dilakukan untuk pembelian secara online di luar kota atau luar pulau. Dengan kata lain jika masih dalam lingkup satu kota sebaiknya kita menggunakan sistem Cash On Delivery (COD) yaitu dengan bertemu langsung dengan penjual sehingga jauh lebih aman.
  





about

PT. CARGONESIA UTAMA TRANS

Jl. Pos Pengumben Raya no 13B Kebon Jeruk – Jakarta Barat 11540
Telp. (021) 53665404 , 08111789231 Fax (021) 53666294
Email: info@cargonesia.com